Wednesday, February 21, 2018

Untung Rugi Membeli Rumah Jadi dan Bangun Sendiri

Tags


Mungkin bagi pasangan baru, tinggal di rumah sendiri sudah jadi impian sebelum mereka menikah. Anda termasuk? Kemungkinan besar iya ya. Selain ada pilihan tinggal di kontrakan, bagi yang memiliki dana berlebih bisa memilih membeli yang sudah jadi atau bangun sendiri. Kebanyakan orang bingung apa yang harus mereka putuskan.

Sebenarnya, baik membangun sendiri ataupun membeli yang sudah jadi pada prinsipnya sama saja. Namun, setiap pilihan pasti ada untung ruginya, kan? Selalu seperti itu. Begitu juga dalam memilih tempat tinggal. Apa saja sebenarnya untung rugi dari memilih tempat tinggal yang sudah jadi ataupun membangun sendiri? Cek di sini jawabannya!

Membeli Tempat Tinggal Jadi
Saat Anda memilih membeli tempat tinggal sudah jadi untuk hunian Anda, ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. Misalnya saja aman dari segi legalitas. Hunian yang sudah jadi biasanya telah memiliki keabsahan dalam sertifikasi. Tempa tinggal ini sudah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Sertifikat Hak Guna Bangunan dan sebagainya.

Dengan membeli hunian yang sudah jadi, otomatis Anda tak perlu ribet mengurus semua urusan mengenai surat-surat sertifikasi ini yang kadang dianggap ribet bagi sebagian orang. Segala risiko yang mungkin akan Anda temui di kemudian hari juga akan jauh lebih berkurang. Keuntungan lainnya dari membeli rumah yang sudah jadi adalah siap pakai.

Hunian yang siap pakai ini akan lebih menghemat Anda dari segi biaya dan waktu. Dari segi biaya, Anda tak perlu mengeluarkan biaya kontruksi ataupun upah tukang yang besar. Sedangkan dari segi waktu, membeli hunian yang sudah jadi juga jauh lebih hemat. Anda tak perlu menunggunya jadi dulu baru bisa menempatinya.

Keuntungan lainnya, Anda bisa memilih lokasi rumah yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Kebanyakan lahan sekarang sudah penuh dengan bangunan, kan? Sulit untuk mencari tanah kosong di tempat yang strategis. Dengan membeli hunian yang sudah jadi dan berada di tempat strategis, impian Anda pun akan segera terkabul.

Lalu, Anda juga bisa menggunakan bantuan KPR untuk membantu kredit rumah Anda. Bantuan yang menjadi penolong bagi kebanyakan orang yang ingin segera memiliki rumah. Sedangkan untuk kerugian, seringkali desain hunian yang Anda pilih tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya Anda inginkan. Selain itu, luas bangunan juga tentu saja terbatas. 

Umumnya, hunian yang sudah jadi memiliki luas tanah dan bangunan yang sama, yakni dalam bentuk kapling. Kerugian lainnya, terkadang harga yang ditetapkan jauh lebih mahal ketimbang Anda membangun rumah sendiri. Kecuali Anda bisa jeli mencari hunian sudah jadi yang memberikan harga miring.

Membangun Sendiri
Sedangkan bila Anda memilih membangun hunian sendiri, ada keuntungan juga yang akan Anda peroleh. Keuntungan tersebut misalnya saja Anda bisa lebih hemat biaya. Biaya dari membeli bahan-bahan kontruksi biasa tidaklah terlalu mahal. Apalagi bila Anda membeli dalam jumlah yang banyak.

Kalau Anda pintar, Anda bisa memilih kontraktor bangunan yang andal namun bisa memberikan harga yang miring pula. Keuntungan lainnya dari membangun hunian sendiri ini adalah, Anda bisa menentukan sendiri luas bangunan yang akan dibangun. Tentu saja disesuaikan dengan luas tanah yang Anda miliki.

Keuntungan lainnya, Anda bisa mendesain rumah sendiri sesuai dengan passion dan selera Anda. Mau rumah model minimalis, bertingkat atau bagaimana pun, Anda bisa memilihnya dengan bebas. Sedangkan untuk kerugian membangun hunian sendiri sepertinya jauh lebih banyak ketimbang keuntungan.

Misalnya saja prosesnya yang rumit. Anda harus memilih lokasi terlebih dulu, lalu mengurus perizinan, memilih arsitek untuk mendesain rumah sesuai selera Anda. Memilih kontraktor pembangunan rumah serta mengurusi segala instalasi. Mulai dari instalasi air, listrik, jaringan telepon, internet dan sebagainya.

Kerugian lainnya adalah dari segi legalitas. Mengurus legalitas hunian jauh lebih berisiko bula tidak diurus oleh tenaga yang sudah profesional. Keabsahan sertifikat dan IMB Anda bisa-bisa sulit diproses bila Anda melakukannya sendiri. Membangun hunian sendiri bahkan juga memiliki risiko kerugian biaya.

Hal ini bisa terjadi bila Anda mengurusnya dengan bantuan tenaga yang tidak berpengalaman. Bisa saja Anda dimintai biaya tak resmi yang pastinya akan merugikan. Selain itu, dari segi waktu dan biaya Anda juga mengalami kerugian.

Selama proses membangun, Anda harus tinggal di tempat lain dulu. Kalau Anda tinggal di rumah keluarga mungkin tidak terlalu rugi biaya, tapi jika mengontrak? Berapa biaya yang harus Anda keluarkan sampai hunian Anda jadi? Waktu Anda juga akan terbuang percuma bila menunggu proses pembangunannya selesai.

Lalu, berdasarkan perhitungan untung rugi di atas, mau pilih yang mana? Bangun rumah sendiri atau beli yang sudah jadi? Bila Anda ingin membeli hunian yang sudah jadi dan bingung mencari informasinya, Anda bisa mengunjungi www.rumah.com. Di sini, tersedia berbagai informasi mengenai hunian yang Anda perlukan.


EmoticonEmoticon