Friday, February 9, 2018

7 Cara Aman Dalam Menjaga Kehamilan 7 Bulan


Tiket H atau kehamilan adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu para wanita yang telah menikah. Dengan hamil dan melahirkan, berarti kita sudah menjadi wanita seutuhnya. Usaha dan ikhtiar pun dilakukan untuk mendapatkan tiket H ini, maka dari itulah saat tiket H didapatkan, maka kita harus benar-benar menjaga kehamilan kita. Adapun di trimester ketiga, ada cara-caramenjaga kehamilan 7 bulan yang sangat penting untuk diperhatikan.

Perasaan suka cita sejak didapatkannya tiket H harus diimbangi dengan menjaga kondisi tubuh. Bukan hanya membawa satu nyawa saja yang ada di dalam tubuh, melainkan 2 nyawa, karena ada janin di dalam rahim wanita.

Makanan pun bertambah porsinya, kegiatan menjadi terbatas karena gampang lelah, emosi naik turun, serta rasa kepercayaan diri berkurang karena keadaan fisik yang semakin membesar. Berat badan terus melonjak sejak UH atau Usia Hamil awal. Tidak perlu dirisaukan lagi, karena ini adalah demi janin yang kita kandung.

7 cara menjaga kehamilan 7 bulan

UH 7 bulan adalah tahapan UH yang akan kita alami. Dimana UH ini berada di trimester ketiga kehamilan. Sudah sangat berkurang rasa mual atau pusing sebagai tanda ngidam. Badan terasa kembali segar seperti semula, namun BB atau Berat Badan semakin melonjak naik dari BB awal. Banyak tanda-tanda fisik yang dirasakan, mulai dari kesemutan, sesak napas, dan gampang lelah karena perkembangan janin di dalam rahim yang juga semakin membesar.

Di UH ke 7 ini, janin pun sudah bergerak aktif. Organ fisiknya pun sudah lengkap. Bahkan mulai tumbuh rambut. Di UH ini, kita semakin dekat dengan persalinan, maka dari itulah, kita harus ekstra dalam menjaga bayi kita. Berikut adalah 7 cara tepatnya :
  1. Menjaga pola makan. Dengan makan makanan sehat dan banyak nutrisinya akan menjadi cara menjaga kehamilan 7 bulan yang ampuh. Bayi akan ikut merasakan asupan makanan bergizi yang dimakan ibu. Makan buah, sayur, dan makanan sehat lainnya harus diperhatikan. Bahkan porsinya ditambah.
  2. Menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga khusus ibu hamil. Olahraganya adalah dengan melakukan senam hamil serta jalan santai di setiap pagi. Senam khusus bumil bisa didapatkan dengan mengikuti kelas bumil atau dengan melakukannya secara otodidak di rumah saat waktu senggang.
  3. Tidak melakukan kegiatan yang berat. Harus sangat dikurangi, karena bisa membuat bumil cepat lelah. Tetap melakukan kegiatan sehari-hari namun harus dikurangi bebannya.
  4. Mulai memikirkan dimana akan melahirkan. Memilih dokter kandungan yang tepat untuk dijadikan tempat sharing kesehatan selama hamil. Sudah saatnya mempersiapkan ini, karena di usia trimester ketiga ini, bumil akan banyak keluhan. Tips dan pengawasan dokter sangat disarankan.
  5. Memijat perut atau mengelus-elus perut. Hal ini dilakukan untuk menjalin kedekatan dengan bayi dan juga mengurangi rasa tidak enak badan dan stress.
  6. Memperhatikan gerakan janin. Dimana UH 7 bulan ini, gerakan janin akan semakin kuat dengan frekuensi yang sangat sering. Kenali jika belum ada gerakan sama sekali dalam sehari dengan segera konsultasi ke dokter.
  7. Rajin memeriksakan diri ke dokter. Sebenarnya, selama kehamilan minimal bumil memeriksakan diri selama 4 kali saja cukup. Namun kini setiap bulan dianjurkan untuk memeriksakan diri demi menjaga kesehatan bayi di dalam kandungan. Bahkan di UH 7 bulan ini, disarankan 2 kali dalam sebulan atau setiap ada keluhan.

Banyak cara menjaga kehamilan 7 bulan yang harus kita perhatikan. Yang penting adalah kehati-hatian. Mengingat untuk mendapatkan kepercayaan menjadi seorang ibu adalah sebuah perjuangan yang tidak mudah.




This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon