Jumat, 17 November 2017

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memilih Susu Formula Terbaik Untuk Bayi 2 Tahun



Anak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mengoptimalkan daya tumbuh kembangnya. Apalagi jika anak masih berusia balita, dimana asupan makanan atau minuman yang dikonsumsinya sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan memberikan susu formula terbaik untuk bayi 2 tahun agar nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi.

Susu formula ini biasanya diberikan untuk bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan ( sejak usia 0 – 6 bulan bayi dianjurkan diberi ASI ekslusif). Namun untuk pemberiannya tidak bisa dilakukan sekaligus melainkan harus bertahap karena pada kondisi ini susu formula berperan sebagai pendamping ASI. 

Sesuaikan dengan usia anak
Produk susu formula yang dijual di pasaran umumnya dibuat berdasarkan kategori usia tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa seiring pertambahan usianya, nutrisi yang dibutuhkan anak pun juga berbeda. Dulu ketika baru lahir, bayi hanya cukup diberi ASI ekslusif, lalu setelah usia 6 bulan bayi sudah harus diperkenalkan dengan makanan pendamping asi atau MPASI.
Maka begitu pula saat anak berusia 2 tahun, dimana nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya sudah pasti lebih banyak dibandingkan ketika masih berusia 0 bulan maupun 1 tahun. Oleh karena itu sesuaikan susu formula yang akan dibeli dengan usia si kecil. Jika anak berusia 2 tahun, pilihlahsusu untuk anak usia 2 tahun.

Periksa tanggal kadaluwarsa

Sebelum membeli susu formula, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa yang tercantum pada kemasan. Tujuannya tentu saja untuk memastikan bahwa susu tersebut masih layak konsumsi atau sebaliknya.

Minta rekomendasi dari dokter
Daya tahan tubuh bayi tidak selalu sama. Dalam beberapa kasus ada anak yang alergi susu sapi. Untuk itu ada baiknya apabila Anda berkonsultasi dulu dengan dokter anak. Mintalah informasi terkait susu formula terbaik untuk bayi 2 tahun. Dengan begitu resiko alergi atau semacamnya dapat dihindari.

Periksa kandungan susu
Sebelum Anda membeli susu formula untuk si kecil, pastikan pula bahwa susu formula tersebut mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap. Nutrisi yang harus ada pada susu formula di antaranya: AHA (untuk merangsang kecerdasan otak serta membantu meningkatkan perrkembangan syaraf mata), DHA (mengoptimalkan kesehatan mata dan otak), FOS dan GOS (untuk menyehatkan organ pencernaan anak), dan LA (untuk kesehatan otak dan mental anak).
Selain itu, ada pula Kolin (bertugas untuk menguatkan membran sel), Omega 3 dan 6 (untuk menjaga kesehatan dan mengoptimalkan pertumbuhan fisik), dan Beta Karotene serta Lactoferin sebagai antioksidan.

Perhatikan reaksi yang ditunjukkan anak
Apabila ini kali pertama anak dikenalkan dengan susu formula, sebaiknya Anda memperhatikan betul reaksi apa yang ditunjukkan si kecil. Bagaimana reaksinya setelah meminum susu tersebut, apakah ada efek mual, muntah, maupun diare. Jika menemukan hal ini pada anak, ada baiknya Anda menghentikan pemberian susu formula pada anak.
Segera pergi ke dokter lalu konsultasikan perihal ini. Sebab reaksi yang muncul pada setiap anak bisa jadi berbeda satu sama lainnya.
Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli susu formula terbaik untuk bayi 2 tahun. Mengingat begitu pentingnya peran susu dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil, pastikan Anda memilihkan susu formula yang tepat untuk anak. Dengan begitu nutrisi tubuh si kecil akan terpenuhi dan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sehat secara fisik maupun mental.


EmoticonEmoticon