Senin, 07 Agustus 2017

Lakukan hal ini jika anda ingin mengendarai sepeda motor yang benar dan aman

Tags


Terlihat mudah sih dalam mengendarai sepedan motor dalam berkendara. Namun hal yang paling penting adalah anda harus mengetahui cara berkendara sepeda motor yang benar dan aman. Tidak hanya kepentingan bagi anda untuk memiliki surat izin mengemudi atau SIM. Lebih dari itu yang tak kalah penting adalah untuk keselamatan berkendara.
Berikut ini tips dan cara mengendarai sepeda motor yang benar dan aman :
  1. Apabila anda sudah berada di jalan raya, sebaiknya jangan menurunkan kaki sebelah kanan apabila berhenti. Dan bila anda terjebak macet maka pengendara motor menurunkan kaki, biasakan menggunakan kaki kiri. Bila anda menurunkan kaki sebelah kanan, maka kemungkinan kaki kanan anda tersambar pengendara lain seperti motor atapun mobil yang cukup besar. Masalahnya posisi mendahului lalu lintas yang ada di Indonesia berada di posisi sebelah kanan.
  2. Ketika mau jalan, tengok/lihat kea rah belakang dan pastikan apakah ada orang atau sesuatu yang berada dibelakang kita.
  3. Pastikan kedua tangan ketika memegang stang dibuat menyudut ataupun menyiku, harap kedua tangan tidak dalam posisi tegang maupun lurus. Dan yang paling penting posisi tubuh anda dalam keadan tenang, tidak tegang mapun kaku.
  4. Harap gunakan ke empat jari ketika mengerem. Jangan pakai dua jari karena kekuatannya tidak maksimal, putaran pada mesin belum berhenti full.
  5. Jarak mengerem pada objek didepan kita harus sesuai dengan laju kecepatan sepeda motor yang kita kendarai. Misalnya, dalam dikecepatan 60 km/jam, maka sebaiknya pengereman sudah harus dilakukan pada jarak 60 meter dari objek yang ada didepan klta.
  6. Kedua kaki kita harus sejajar dengan ‘sayap’ bagian luar pada sepeda motor, dan untuk jenis sepeda motor spot, maka hendaknya kedua lutut harus menempel pada tangki kendaraan tersebut.
  7. Jangan pernah membawa barang melebihi dari pada lebar stang kendaraan. Karena, akan memungkinkan susah untuk belok.
  8. Saat jatuh, alangkah baiknya sepeda motor dilepas, jangan dipegangi. Hal ini untuk menghindari cidera yang sangat fatal akibat tertindih ataupun terbentur komponen-komponen sepeda motor tersebut.

Nah itulah sedikit tips berkendara dengan benar dan aman. Dan ada yang lebih penting anda juga harus mentaati peraturan lalu lintas. Keselamatan dalam berkendara itu sangat penting demi menjaga keselamatan anda. Semoga bisa bermanfaat bagi anda tips yang saya berikan.


EmoticonEmoticon